Friday, February 10, 2012

Meniran Dapat Membantu Proses Penurunan Berat Badan

(Phylanthus urinaria, Linn.)
Sinonim : Phylanthus alatus, Bl. P. cantonensis, Hornem. P. echinatus, Wall. P. lepidocarpus, Sieb.et Zucc P. leprocarpus, Wight.
Familia : Euphorbiaceae
Morfologi Meniran :
Batang : Berbentuk bulat berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm.
Daun : Mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong.
Bunga : Terdapat pada ketiak daun menghadap kearah bawah.
Syarat Tumbuh : Meniran tumbuhan berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di Hutan-hutan, ladang-ladang, Kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur ditempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.
Nama Lokal : Child pick a back (Inggris), Kilanelli (India), Meniran (Jawa); Zhen chu cao, Ye xia zhu (Cina), Gasau madungi (Ternate);
Meniran dapat digunakan untuk obat Sakit kuning (lever), Malaria, Demam, Ayan, Batuk, Haid lebih, Disentri, Luka bakar, Luka koreng, Jerawat.
Selain itu meniran sangat baik untuk memperbaiki dan memelihara daya tahan tubuh. Dari pengalaman saya bahwa meniran juga dapat membantu didalam proses penurunan berat badan. Ketika itu badan adik saya sangat gemuk sekali dan wajahnya penuh dengan jerawat, sungguh menyedikan dan jelek sekali. Karena berkat ramuan daun meniran akhirnya semua masalah tersebut dapat diatasi.
Caranya :
1. Ambil daun meniran beserta batangnya kurang lebih 10 batang daun meniran, direndam dengan air bersih agar kotoran hilang
2. Ambil kunyit kurang lebih 3 biji, rendam dengan air bersih
3. Setelah meniran dan kunyit telah bersih, masukan kedalam air kurang lebih 4 gelas dan masak sampai mendidih
4. Setelah mendidih angkat dan saring ke dalam wadah dan campurkan dengan perasan satu buah jeruk pecel. Kemudian siap diminum
5. Ulangi sehari 3 kali.
Selamat mencoba.

No comments: