Wednesday, February 15, 2012

Manfaat Daun Pisang Kering (Kleres)

apakah anda mengetahui daun pisang yang telah kering atau disebut dengan kleres. daun pisang kering ini mungkin difikiran anda hanya dapat digunakan sebagai keterampilan saja misalnya membuat tas atau pigora, atau bahkan anda tidak ingin memanfaatkan untuk apapun karena bahan tersebut bisa dikatakan sebagai sampah yang tidak dapat dimanfaatkan lagi. ternyata daun pisang atau kleres dapat digunakan sebagai bahan pewarna makanan yang menghasilkan warna hitam atau abu-abu pada makanan. adapun resep makanan dari kleres selain rasanya yang gurih juga pembuatannya sangat mudah.
resep :
1. 5 helai Daun pisang yang telah kering (kleres)
2. 1 buah kelapa mudah
3. 1kg ketela pohon
4. 1/2 kg gula pasir
5. 4 sendok makan enjet atau air kapur
6. 3 helai dau pandan dipotong dadu kecil-kecil
7. 1 sendok teh garam
8. 3 helai daun pisang yang mudah dipotong persegi untuk pembungkus adonan
cara membuat:
1. bakar daun pisang yang telah kering kemudian ditumbuk halus dan saring ke dalam ayakan
2. parut kelapa mudah
3. parut ketela pohon, hasil parutan ketela pohon dicampur dengan ayakan daun pisang yang telah dibakar tadi kemudian aduk hingga rata sehingga adonan menjadi warna hitam. lalu campur dengan gula pasir, air kapur, garam dan aduk hingga merata. Setelah semua tercampur ambil setengah dr parutan kelapa mudah dan aduk hingga rata.
4. ambil sebanyak dua sendok makan adonan tadi dan letakan pada daun pisang yang telang dipotong persegi, diatas adonan sebelum dibungkus beri potongan daun pandan. kemudian dibungkus dan diberi lidih agar tidak terbuka. ulangi untuk adonan berikutnya
5. kemudian kukus didalam dandang kurang lebih 1 jam
6. setelah harum dan matang angkat dan buka dr kulit pisang td, tata dan taruh di atas piring kemudian taburi dengan parutan kelapa.
7. sajikan ketika masih hangat.
selamat mencoba

1 comment:

Anonymous said...

thank's infonya